BATU BATA MERAH

batu bata merah dari penggaron

Batu bata merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding. Batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar sampai berwarna kemerah merahan. Pembuatan batu bata yang ditekuni para warga di penggaron telah memberikan penghasilan bagi warga tersendiri.Usaha ini telah ditekuni oleh para warga penggaron sejak lama biasanya dijual kepada orang yang membuat rumah maupun toko material .Caranya relatif gampang. Pada pinsipnya, tanah liat dilembutkan terlebih dulu kemudian diaduk dengan air dan di campur dengan serbuk gergaji kayu atau gambut(kulit padi) yang ukurannya sudah ditentukan. Setelah

itu adonan dasar tadi dibentuk dengan alat press
persegi empat.Sekali press ada dua buah batubata yang dihasilkan.Setelah selesai, batubata disusun sedemikian setelah benar-bener kering batu bata tersebut lalu di
bakar sampe merah



3 hari 3malam. Setelah dingin batu bata di bongkar dari tempat pembakaran, lalu di angkut oleh para pekerja di sekitar kampung itu sendiri ke tepi jalan untuk memepermudah pengangkutan batubata yang biasanya langsung diambil para pembeli. Usaha ini telah membantu warga untuk menembah penghasilan guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Gamabr di samping adalah salah satu gubuk yang lagi melakukan proses pembakaran batubata merah,yang biasanya di lakukan dengan bergotong royong


Gambar di samping adalah seorang pembuat bata yang sedang menaburkan sekam padi ke dalam tempat pembakaran batu batamerah,kalu gambar yang bawah ini adalah tempat mengaduk adonan tanah liat bersama serbuk gergaji lalu di aduk dengan cangkul sampe campurannya benar-benar merata untuk selanjutnya kemudian di cetak dengan citakan bata,lalu di biarkan sampe agak mengering setelah agak mengering di susun(angkrik)biarkan sampe mengering


Gambar tempat pembuatan dan pembakaran batubata merah,yang terletak di penggaron lengkong semua masih di lakukan dengan cara tradisional.


 

Komentar

  1. tempat pembakaran batu btanya keren gan....

    BalasHapus
  2. sekarang udah ganti kok..kalo mau beli batubatanya datang langsung aj..atau call 02470923239

    BalasHapus
  3. dimana ya tempatnya ??
    kalo saya mau datang langsung ke lokasi !!

    BalasHapus
  4. Salam kenal..
    Saya Haryo, sedang membangun rumah pribadi sendiri di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Kebutuhan total bata merah saya 18.310 bh (dengan asumsi kebutuhan 67 bh / m2).

    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Berapa bh minimal jumlah 1 truk 1 kali kirim dari pabrik?
    2. Berapa biaya ongkos kirim ke lokasi rumah saya (per 1 truk)?
    3. Apakah biaya di atas termasuk ongkos bongkar (menurunkan material di lokasi)?
    4. Bagaimana cara bayarnya?

    Terima kasih atas perhatiannya

    BalasHapus
  5. untuk OKP05 Suvex saya di jakarta tp untuk tmpat usaha di semarang tepatnya jalan plamongan sari. rt 01/ RW 12

    BalasHapus
  6. untuk pak HAryo ..kita masih di daerah lokasi semarang bang haryo,jadi kalo di jakarta di toko bangunan biasanya tinggal menggunakan truk ban dobel apa ban single.untuk ban dobel sekitar 6-7ribu buah per truk.kalo ban single biasanya 4-5rb buah per truk. kalo untuk ongkir ke jakarta belum bisa memprediksi biaya anggaranya soalnya tergantung pada pemilik truk. kalo untuk harga di daerah semarang sih masih murah sekitar 1.000 perak per buah batu bata merah untuk jenis yg super. kalo yg biasa sekitar 800 ratus perak perbuah.
    untuk cara membayar transfer bisa tp mendingan kita bicarakan terlebih dahulu, ini no sya 08995596283 saya tinggal di jl.Prof. Dr latumeten jakarta barat.

    BalasHapus
  7. numpang iklan bro.... bagi yang berminat usaha bata saya mau jual tanah untuk produksi bata dengan luas tanah 1ha.masih banyak pohon dan bambu,jadi bs mengurangi modal untuk pembuatan lio.jalan nya jg sudah aspal....letak nya di daerah leuwiliang,kab:bogor.... bagi yang mau liat lokasi saya antar.ato bs call ke 08131918282828.

    BalasHapus
  8. melayani jasa jasa pasang dan perbaikan sebagai berikut..


    CCTV bisa dipantau dg hp.

    AC pendingin ruangan.

    bel panggil perawat atau pegawai.

    running text LED.

    GPS tracker buat kendaraan.

    ALARM gedung.

    PABX telephone lokal.

    Panel listrik dan instalasi.

    design alat sesuai kebutuhan.

    bel jam otomatis.

    alat elektronik mesincuci dll

    Speaker gedung.

    untuk info lebih lanjut mohon hub saya.
    0822 315 625 89
    Atau
    tsabitataya@gmail.com

    Saya siap brkunjung ke tempat anda.




    ac tidak dingin , servis cctv di malang , tukang cctv , cctv paket berapa , harga cctv , dvr tidak bisa merekam , jasa cctv di malang , cctv di gondanglegi ,. cctv di turen ; beli cctv dimana , cctv mati , pasang cctv, telepon rusak , pbx , kediri , blitar , , pabx , interkom mati , setting pabx di kediri , cctv di kediri, nganjuk , madiun , cctv rusak , dengan , di , pabx , ngadiluwih , pare , dampit , rumah aman , turen , kepanjen , makanan , rejoso , kepanjen , ac rusak , ac dengung , cctv mati , telepon tidak bunyi , tulungagung , malang, madiun , jombang , tidak bisa online , cctv indoor , harga murah , cctv indoor, cctv di turen , servis cctv di malang ,
    rusak ? hub kami., cctv di nganjuk, jual cctv di turen, cctv murah di nganjuk, cctv rusak, cctv tidak bisa onlen, cctv android, jasa cctv di kepanjen, tukang cctv di dampit, ahli pasang cctv, pasang cctv di kediri, jual cctv malang, fungsi cctv adalah, beli cctv dimana, cctv dome, cctv buat rumah, cctv kena petir, pengaman rumah, alarm rumah, cctv yang murah, rekaman cctv, bisa dilihat dg hape, cctv mati, cctv di nganjuk, jasa cctv di kediri, cctv di tulungagung, cctv di batu malang, dvr tidak merekam, cctv tahan cuaca, spycam, hidden kamera, cctv kecil, cctv analog, ac tidak dingin, ac tambah freon, r22, ac mati hidup, pabx rusak, telepon mati, ada kerusakan, ac di turen, ac di malang, nambah freon, ac di malang, service ac, pabx, telepon putus, dering telepon, kenapa telepon mati, cctv, cctv, pengaman rumah, cctv infrared, tukang cctv, jual cctv murah, paket cctv, kota kediri, kota malang, area blitar, area malang, area kediri, kota kediri, kota malang, kota malang, malang cctv, malang cctv, cctv di malang selatan, cctv dampit, cctv di dampit, ac di turen, ac kota malang, tukang ac di turen, jasa ac di turen, jasa ac di malang kota, tambah freon ac, ac tidak dingin, jasa cctv di turen, tukang service di turen, service di dampit, cctv dampit, cctv rumah, pengaman rumah, alarm kebakaran, terekam cctv, perekam cctv, mesin cctv rusak, cctv tidak tampil, cctv infrared.

    BalasHapus
  9. Kalo anter ke Rejosari Gunungpati dengan ongkir brp ya gan?

    BalasHapus
  10. bapak mohon maaf soalnya untuk kmren batu bata off dulu tidak produksi, dan untuk saat ini sudah produksi lagi,,

    BalasHapus
  11. Batu bata merah penggaron emang jos mantap,gk bakalan mengecewakan deh kalo mau bangun rumah dengan bata merah penggaron,bangunan bisa kokoh dah tahan lama.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AUTO UP WINDOW ~ Joeragan Batu Bata